Archive for Agustus 30, 2009

MAKANAN BUDAYA MANDAILING

Gulo batu alias gula batu mulai akan muncul kembali di akhir bulan Ramadhan nanti. Gulo batu terbuat dari:
1. Gula kristal putih
2. Air
3. Zat pewarna (kuning).
Dimasak hingga lama sekali.
Lalu dikemas dalam botol putih. Gula batu yang dikemas dalam botol putih ini akan nampak membeku setengahnya dan mencair sebahagiannya. Ini dinamakan gulo batu. Sangat laris di pasaran setiap menjelang lebaran di Panyabungan. Sebab gulo batu ini sudah biasa digunakan masyarakat Mandailing untuk campuran makanan lemang (pulut yang dibakar dalam batang bambu) di hari Raya Idhul Fitri maupun hari Raya Idhul Adha.
Meski belum tiba hari lebaran, tapi para tukang masak gulo batu telah mulai sibuk mencari gula kristal putih, botol putih, dan juga tutup botol. Saya tahu karena saya seorang agen botol di kota saya. Terkadang saya juga ikut menjual gulo batu ini, tapi tidak pala serius sekali. Karena usaha menjual gulo batu ini hanya karena saya akrab dengan tukang masak gulo batu di kota saya. Bila ada saudara saya di pulau lain di Indonesia yang ingin mencoba menikmati gulo batu, datanglah ke kota saya Panyabungan, Mandailing Natal, Indonesia. Harga perbotol hanya Rp: 10.000.
Ini merupakan masakan budaya Mandailing Godang. Sangat enak jika dicampur dengan lemang atau pulut ketan.

Nb:
Bila anda ingin memperoleh uang dari intrenet Klik disini

If you want to get money from your site, Click here

PenulisBukuHaji

Thank you

Comments (2) »