SEKILAS CARA BERTAMBANG

Cara bertambang di Madina.
Bila anda mau tahu bagaimana memulai usaha tambang, sebenarnya amat mudah. Dengan luasnya daerah yang mengandung emas di Mandailing Natal. Seperti halnya di Sinunukan pada beberapa tahun lalu, di Batang Natal dan juga di sepanjang aliran sungai batang natal, di Muara Sipongi, dan belakangan ini di daerah Huta Bargot Mandailing Natal. Dengan luasnya lahan yang bisa digarap, atau yang menjadikan banyak pengusaha tambang di Madina ini. Tanpa ada pengalaman, tanpa ada ilmu, sudah sangat banyak yang berkecimpung dalam dunia tambang ini.
Caranya mudah saja.
Kita minta izin pada pemilik lahan, terkadang tanpa bayaran, terkadang membayar tanda buka pintu seharga 2 juta, ada yang 3 juta, dan bahkan di daerah daerah yang lagi panen ada yang membayar sampai 40 juta. Seterusnya kita memesan pekerja dari Pulau Jawa. Kebanyakan yang sudah mulai menambang di Huta Bargot datang dari daerah Sunda dan Tasik Malaya.
Kita memperoleh pekerja ini dari teman teman mereka yang sudah lebih dulu bekerja sebagai penambang di lokasi ini.
Biasanya mereka akan mau datang dengan bayaran 1,5 juta. Itu akan dipergunakan buat: 1 juta buat ongkos, 0,5 juta buat mereka tinggalkan untuk keluarganya.
Sesampai mereka di lokasi, mereka akan bersedia bekerja sama dengan pemodal yang membiayai tadi.
Biasanya perjanjian sebagai berikut:
Para pekerja ini akan menyumbangkan tenaganya dalam penggalian ini, sementara pemodallah yang akan mendanai penggalian ini hingga berhasil atau hingga berhenti karena tak berhasil.
Dalam perkongsian ini ada yang membicarakan tentang pertanggung jawaban keselamatan dan ada yang tidak. Tapi biasanya yang
membicarakan keselamatan ini lebih banyak yang berjanji untuk tanggung sendiri jika ada resiko berat. Kecuali resiko ringan, biasanya akan dibiayai pemodal.
Pembicaraan ini jarang menemui jalan buntu. Karena kedua belah pihak sangat berambisi untuk berhasil mendapatkan emas. Soal alat dan perlengkapan tambang, saat ini sudah banyak ditemui di kota
Panyabungan.
Begitulah sekilas cara bertambang di Huta Bargot Madina.
Berjalan muluskah semua? Berhasilkah semua?
Menurut penglihatan saya, lebih banyak yang merugi dari pada beruntung. Bahkan ada yang seorang pemodal tambang bernama Darwis dari desa Huta Julu yang sudah ditangkap polisi karena 4 pekerjanya tewas saat menggali.
Itulah sekilas cara dan resikonya.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    i love that stuff, great reading.

  2. 2

    I think this internet site holds some really good info for everyone : D.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: