SAVE THE WORLD


Mari selamatkan dunia dengan apa yang kita mampu.
Mari mengadakan penghijauan di tanah gundul. Jangan kita sia siakan selagi kita mampu.
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan dunia.

Setiap kali kita meninggalkan mobil atau motor di rumah, maka kita mengurangi polusi udara, menurunkan suhu bumi, meningkatkan kesehatan diri sendiri dan menghemat uang. Untuk jarak pendek, usahakan berjalan kaki atau naik sepeda. Dalam waktu 30 menit, secara umum orang dapat menempuh jarak rata-rata 1 mil atau bahkan lebih, hanya dengan berjalan kaki. Jika agak jauh, baru gunakan kendaraan umum.
Hasil riset telah menunjukkan bahwa orang-orang yang sering berjalan kaki atau naik sepeda, kondisinya jauh lebih sehat daripada yang tidak. Keluarga yang menggunakan kendaraan umum ternyata dapat menabung uang setiap tahunnya, untuk menutupi biaya makan minum selama 1 tahun.
Ketika kita memang perlu menggunakan kendaraan bermotor pribadi, sempatkan lah waktu sejenak untuk memeriksa mesin, apakah dirawat dengan baik atau apakah ban memiliki angin yang cukup. Walaupun terkesan sepele, ban dengan angin yang cukup membuat kendaraan berjalan dengan lancar, nyaman dan meningkatkan keselamatan.

Mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak makan buah, gandum serta sayuran bisa menolong lingkungan secara luar biasa daripada yang kita kira selama ini. Konsumsi daging, telur dan susu menyumbang secara hebat kepada pemanasan global, karena memelihara hewan konsumsi memproduksi emisi gas berlipat-lipat kali jauh lebih banyak daripada tumbuhan.
Hasil riset Universitas Chicago tahun 2006 : satu orang yang mengubah pola makan menjadi vegetarian jauh lebih efektif mengurangi pemanasan global daripada mengganti mobil jenis hybrid.
Memelihara hewan untuk konsumsi juga menggunakan banyak sekali sumber daya lahan, air, biji-bijian dan bahan bakar. Setiap tahunnya di Amerika saja; 80% dari lahan pertanian, 50% dari sumber daya air, 70% biji-bijian dan 35% minyak bumi dihabiskan hanya untuk memelihara hewan konsumsi. Padahal membuat salad tidak lebih lama ketimbang hamburger; namun jauh lebih sehat bagi kita dan juga lingkungan.

Produksi kantung plastik menggunakan banyak sekali sumber daya alam padahal sebagian besar malah berakhir menjadi sampah yang meracuni tanah, menyumbat saluran air dan membunuh jutaan makhluk laut yang salah mengira plastik sebagai makanan. Secara global seluruh dunia, kira-kira 1 trilliun kantung plastik dibuat dan dibuang setiap tahunnya atau lebih dari 2 juta kantung plastik dibuang setiap menit-nya.
Untuk memproduksi plastik, setiap satu tahunnya diperlukan 12 juta barel minyak dan 14 juta batang pohon, yang mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Baru 1% plastik didaur-ulang, padahal plastik baru bisa terurai 500 s/d 1,000 tahun kemudian. Sekitar 3% plastik di dunia berakhir sebagai sampah yang terapung-apung di permukaan air, betapa tragisnya.
Jika hanya membeli sedikit, masukkan barang belanjaan ke dalam tas/ ransel. Hubungi supermarket, department store dan toko buku langganan anda, untuk BERHENTI memberikan kantongan plastik.

Lampu Hemat Energi – baik yang jenis fluorescent maupun elektronik (LEDs) – mengkonsumsi listrik hanya 70% daripada lampu bohlam biasa yang ditemukan oleh Thomas A. Edison, dengan kualitas cahaya yang sama namun umur pemakaian 10 kali lebih lama. Lampu Hemat Energi juga menghasilkan panas 70% lebih kecil, sehingga lebih aman dan mengurangi biaya untuk mendinginkan ruangan rumah atau kantor.

Pada jaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali bank atau tempat usaha yang menawarkan konsumennya untuk membayar secara elektronik, sehingga menghilangkan sama sekali keperluan untuk menulis cek, surat atau dokumen pembayaran.
Pembayaran elektronik juga menghemat waktu dan uang, praktis mengurangi biaya administrasi serta mengurangi pemanasan global dengan mencegah penebangan hutan (untuk membuat kertas).
Mari kita bersama-sama melakukan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak buruk akibat perubahan iklim, demi kebaikan kita semua juga.

1 Response so far »


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: