BENARKAH MENIKAHI GADIS MANDAILING MEMBUTUHKAN BIAYA MAHAL?

Kata banyak orang di luar Sumatera Utara, untuk menikahi gadis Batak sangat membutuhkan biaya banyak, benarkah itu? Saya rasa tidak benar. Cuma saja orang lain salah tanggap.
Pernah kemenakan saya mengatakan bahwa untuk menikahi gadis Mandailing cukup mahal.
Katanya banyak ditemui di suku lain, untuk meminang gadis untuk jadi istri hanya membutuhkan seperangkat alat sholat. Itu maksudnya, hanya sebuah sajadah, sehelai mukena (kain khusus wanita untuk sholat), kemudian sehelai kain sarung. Kalau ditotal biayanya, hanya sebesar kira kira Rp: 150.000. Kedengaran murah. Tapi nanti akan saya terangkan apakah itu benar benar murah.
Untuk meminang gadis Batak, sebagai contoh gadis Mandailing, kadang membutuhkan biaya 1 juta, kadang 7 juta, kadang 15 hingga 40 juta. Tapi yang paling normal pada tahun 2010 ini sebesar kira kira 7 juta hingga 20 juta. Inilah yang dikatakan suku lain bahwa untuk melamar perempuan Batak Mandailing cukup mahal. Benarkah itu?
Inilah yang pernah ku terangkan pada kemenakan saya yang kebetulan berkediaman di Bogor. Jadi saya menerangkan satu persatu. Jika ingin menikahi wanita yang punya mahar seperangkat perlengkapan sholat, tentu bukan hanya itu saja biayanya. Kita menikah dan membangun rumah tangga baru, tentu kita mesti menyewa rumah, membeli lemari, membeli ranjang baru, beli kompor buat memasak, beli piring, gelas dan segala alat dapur. Jika ditotal, kesemuanya itu akan berjumlah jutaan Rupiah juga.
Jika melamar wanita Mandailing, uang mahar yang kita berikan akan dipergunakan buat membeli tempat tidur baru, kasur, bantal, lemari, perkakas dapur, pakaian calon istri, dan semua keperluan yang dibutuhkan dalam mengarungi rumah tangga baru nanti.
Jadi jika dibandingkan dengan seperangkat alat sholat tadi, tapi masih harus membeli keperluan rumah tangga yang jumlahnya mencapai jutaan Rupiah, tentu akan menjadi sama dan seimbang juga jumlahnya. Ini yang saya terangkan tentang perbedaan mahar putri Mandailing dan suku lain. Tapi kita juga mesti tahu, mahar itu ditentukan oleh kemampuan pihak laki laki. Jika calon suami tidak mampu, tentu mahar akan menjadi sebesar kemampuan laki laki bila pihak perempuan menyetujui. Itulah sekilas penerangan saya tentang jawaban apakah mahar gadis Batak Mandailing bernilai mahal.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    bendang said,

    jika calon suami itu sudah punya semua peralatan tempat tidur ,sofa dll,apa mahar itu hilang gitu aja?? saya tidak,..krn mahar di suku mandailing itu adalah adat,…tetap aja harus ada mahar….alasan anda kurang kongkrit…

  2. 2

    IRfan said,

    Bah,,,mau kongkrit gimana lagi. cukup relevan penjelasannya, mungkin klo calon suami punya semua tetep dimintai mahar yang mahal, coba deh liat cermin siapa tau aja calon mertua pengen si calon suami permak wajahnya sekalian..wkwkwkwkwk


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: