SEJARAH BANJIR BANDANG PANYABUNGAN MANDAILING NATAL

Banjir telah usai di Panyabungan. Telah tinggalkan duka yang cukup parah. Harta benda berhilangan, porak poranda, barang dagangan yang basah tak terpakai bertabur dimana mana. Sebagian rumah hanyut terbawa air, sebagian rumah bergesar dari tempatnya, sebagian rumah cuma tergenang dan kering seusai banjir. Perabotan berhilangan, dan banyak rumah belum bisa ditempati meski banjir bandang sudah berlalu seminggu lamanya. Sebagian cuma rumah tempat tinggalnya yang hancur, sebagian hanya tempat usahanya yang kebanjiran, sebagian kedua duanya yang tergenang air. Tangis pilu bergema di Panyabungan. Tangis kesediian karena banjir bandang yang menerjang. Yang membuat sebagian orang kehilangan tempat tinggal dan sebagian orang mengungsi karena rumahnya masih belum bisa ditempati. Sembako bantuan berdatangan dari mana mana. Termasuk juga bantuan dari pemerintah berupa bantuan uang yang dirasa cukup lumayan untuk membantu meringankan derita para korban banjir bandang Madina.
Semoga dgn kejadian yang menjadi catatan sejarah ini akan meningkatkan kehati-hatian buat semua. Jangan ada lagi pernah datang banjir besar yang mengakibatkan kerugian besar buat para penduduk Panyabungan dan seluruh desa disepanjang aliran sungai Aek Mata di kabupaten Mandailing Natal Sumut. Semoga diberi ketabahan buat semua, semoga segala kerugian cepat terganti, termasuk kerugian para pedagang, petani dan perikanan yang cukup banyak menelan kerugian.
Banjir besar seperti ini sudah merupakan yang kedua kali terjadi di Panyabungan Madina. Pertama kali dahulu pada tahun 1968. Banjir bandang melanda Panyabungan. Tahun 1968, air yang meluap juga mencapai pusat pasar lama. Hampir sama dgn kejadian April 2013 ini. 45 tahun berlalu, banjir serupa datang lagi. Tapi untuk seterusnya semoga tak ada lagi banjir bandang di Panyabungan Mandailing Natal Sumatera Utara.

Oleh penulis novel:
Percintaan Christina Dan Abdullah
Thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: