PERSENTASE KEMUNGKINAN RUGI ATAU UNTUNG DALAM MENGGALI LOBANG TAMBANG EMAS

Persentase keuntungan dan kerugian membuka lobang buat tambang emas. Kutuliskan masalah keuntungan dan kerugian membuka tambang emas ini karena saya yakin amat berguna buat siapa saja yang akan membuat tambang emas tradisional. Di daerah saya Mandailing Natal telah ditemukan simpanan emas yang cukup banyak di dalam tanah. Sampai sampai telah ada lagu daerah mandailing ini yang bertema “Sere do hape mandailingon” artinya: Rupanya Mandailing ini emas.
Tambang emas tradisional yang tergolong tambang liar telah bermula sejak tahun 2010 lalu dan masih berlangsung hingga 2012 sekarang. Berbagai pengalaman dan pengetahuan telah banyak saya peroleh dari maraknya tambang emas di Panyabungan.
Masalah yang akan saya bahas di halaman ini adalah masalah bagaimana prediksi dan prospek mengenai tambang emas tradisional.
Karena di Mandailing Natal baru saja ditemukan tambang emas, jadi orang orang Mandailing Natal belum begitu ahli untuk mengolah lobang tambang. Biasanya orang orang setempat selalu mempekerjakan orang dari Lampung, Bogor dan Sulawesi karena mereka sudah lebih dulu
berkecimpung di dunia tambang emas itu.
Pembagian keuntungan biasanya seperti berikut:
10 % untuk anak yatim atau juga buat bayar zakat pada fakir miskin. 20 % untuk yang punya lahan.
Sisa yang didapat bila sudah dibayarkan yang diatas:
40 % untuk para pekerja.
60 % untuk pemodal.
Selama lobang tambang belum berproduksi, maka pemodallah yang akan membayar Pengeluaran biaya seluruhnya. Jika sudah berhasil, diganti dulu biaya yang sudah habis, baru dilakukan pembagian keuntungan. Di Mandailing Natal sebagai contoh yang saya lihat, di antara 10 penambang, cuma dua orang yang berhasil dan 8 orang akan merugi. Tapi kalau berhasil, waduh tak tanggung tanggung hasilnya. Milliaran lho. Jika gagal, tak ada yang akan mengganti uangnya. Ada yang bangkrut dan gulung tikar, ada yang jadi stress dan yang paling ditakutkan ada juga yang bunuh diri karena sudah dililit hutang.
Jika mau membuka tambang emas, anggaplah itu seperti main dadu. Belum tentu anda berhasil atau gagal. Jangan percaya dengan apapun ucapan para pekerja. Jika seseorang mau jadi pekerja tambang, ia akan bilang menggali 2 atau 3 meter pasti berhasil. Ada yang sudah 60 meterpun belum berhasil. Jika 10 orang pekerja, sudah berapa biaya makan dan rokok mereka. Jangan pernah memastikan akan mendapat. Lebih banyak yg akan rugi. Begitulah kalau anda ingin mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: