PANYABUNGAN 34 TAHUN YANG SILAM

Mengingat Panyabungan tempo dulu.
Mungkin blog ini bermanfaat buat anda, dan barangkali tidak. Di halaman ini sengaja saya tuliskan bagaimana keadaan Panyabungan pada 1978. Berarti 34 tahun berlalu saat saya menuliskan halaman ini. Tema tulisan ini adalah bagaimana keadaan kota Panyabungan di tahun 1978. Kugambarkan dengan tulisan, sebab saya sendiri tidak punya koleksi gambar lama Panyabungan.
Blog ini hanya berupa kenangan sejarah bagaimana corak Panyabungan pada zaman 34 tahun yang silam. Tepatnya pada tahun 1978.

* Pada tahun 1978, belum ada ruko di kota Panyabungan. Yang ada cuma bangunan permanen 3 lantai dan masih utuh hingga sekarang. Yaitu toko Dirgahayu yang berada di Simpang Kota Siantar dan yang kedua yaitu bangunan HSB di depan toko Maju Bersama yang sekarang. Selebihnya hanya rumah rumah kayu yang bertingkat maupun tidak.

* Taman yang ada di depan kantor Satlantas, pada tahun 1978 adalah halaman rumput yang dirawat. Sering dipergunakan untuk panggung hiburan dan tempat dilaksanakannya upacara bendera tiap hari ulang tahun proklamasi RI. Dan tempat ini juga digunakan sebagai lapangan umum tempat sholat Hari raya Idul Adha dan Idhul Fitri. Juga digunakan sebagai tempat jual ternak setiap hari pekan atau hari Kamis.

* Jalan lintas timur dan jalan lintas barat pada tahun 1978 masih merupakan daerah sawahan yang luas. Jalan seperti sekarang belum dibangun pada masa itu.

* Lokasi kantor Bupati yang sekarang, dulunya hanya lapangan rumput tempat kerbau liar berkeliaran, juga tempat jambore pramuka
dilaksanakan.

* Gugusan kios di pasar Jonjong adalah tempat pasar pagi dan juga menjadi stasiun bus umum tujuan Aek Banir dan Siladang pada 1978.

* Tempat Madina Square yang sekarang adalah tempat balairung atau pusat pasar sejak zaman Belanda hingga 2004. Dan di depannya merupakan tempat parkir Sadu atau kereta kuda serta ratusan unit becak dayung yang sudah jarang ditemui sekarang di Panyabungan Madina.

* Hotel Paya Loting yang sekarang adalah tempat bioskop Samudera pada tahun 1978, lapangan di samping Bank Sumut yang sekarang adalah tempat bioskop PHR pada zaman itu. Lokasi kosong di samping SDN 4 adalah lokasi Bioskop Tapanuli pada 1978.

* Pasar baru yang menjadi pusat pasar yang sekarang masih berupa sawahan pada tahun 1978. Dan Pertamina yang ada di depannya hanya berupa Pompa Bensin kecil yang berlantai tanah dan batuan.

Silakan tuliskan tentang tempat yang lain yang telah berobah di Panyabungan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: