PENGALAMAN SAYA MENGENAI KOTAK PASIR

Hari ini kembali lagi blog saya masuk dalam perangkap kotak pasir. Di awal bulan ini memang terus terang saya sering mengedit iklan saya yang saya pajang di sebelah kanan halaman ini. Kemungkinan besar itu penyebabnya. Oh ya. Tadi saya lupa menerangkan kotak pasir terlebih dahulu. Kotak pasir adalah satu kotak tempat menyembunyikan blog agar tidak bisa ditelusuri oleh search engine. Dulu pernah setahun yang lalu blog saya masuk dalam kotak pasir sehingga susah dilacak Google. Hanya dari Yahoo dan dari Bing saja yang bisa. Seperti sekarang, amat susah menemukan blog saya. Ini kedua kali terjadi. Pengunjung saya anjlok dari 1200 visitor perhari menjadi sekitar seratus orang saja. Kejadian pertama pada tahun yang lalu membuat saya malas menulis dan berencana untuk tidak menulis lagi di Internet. Tapi kalau namanya hobby menulis, memang sangat sulit untuk menghentikannya. Beberapa kesalahan huruf yang ada di blog saya segera saya perbaiki agar blog saya bisa menjadi normal kembali. Hampir 3 bulan blog saya sepi tanpa pengunjung.
Usai 3 bulan, kembali blog saya normal. Pengunjung mulai ramai. Kejadian ini membuat saya lebih rajin lagi munulis. Tapi tak lama kemudian, blog saya mendapat masalah lagi. Blog saya terdeteksi mengandung virus berbahaya. Entah kenapa jadi begitu. Sampai sampai ada beberapa orang yang bertanya kenapa blog saya tak bisa dibuka lagi.
Untuk mengatasi masalah ini, saya coba memeriksa komentar komentar yang masuk kotak spam dan terlanjur saya setujui. Dimana ada saya temukan komentar yang punya link tak karuan, segera saya delete semuanya. Saya beranggapan itulah penyebab blog saya terdeteksi virus. Permintaan untuk membuka pemblokiranpun sering saya layangkan ke Google. Tapi tak ada hasil lebih dari sebulan. Lalu tiba tiba setelah berjalan dua bulan, blog saya kembali bisa dibuka. Tapi tetap dalam kotak pasir. Pengunjung hanya sekitar seratus orang perhari jika begini. Setelah itu, saya tak pernah lagi mengusahakan agar blog saya keluar dari kotak pasir. Namun begitu, saya tetap menulis karena hobby. Kejadian seperti ini berlangsung lebih dari enam bulan. Sayapun menulis semakin jarang. Kadang hanya 2 judul dalam sebulan. Tapi rupanya bisa juga blog kita normal tanpa diusahakan. 3 minggu lalu blog saya keluar dari penjara kotak pasir. Tapi sejak kemarin, kembali lagi masuk. Kalau menurut saya hanya karena menukar beberapa iklan di gadget. Tapi semoga ini tidak berlangsung lama. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

