SALAH SATU CARA MENGATASI PENYAKIT BROXISM

Bila anda sedang tidur, dan saat anda tidur anda sering seperti mengunyah sesuatu atau menggesek gesekkan gigi atas dan bawah anda, berarti anda telah menderita penyakit Broxism. Menurut saya, penyakit ini merupakan penyakit psykologis. Penyakit yang berhubungan dengan otak. Karena tak mungkin kita mau melakukannya dalam keadaan sadar. Saya sendiri pernah mengalaminya. Hampir setiap pagi istri saya menceritakan hal ini. Sayapun tidak habis pikir kenapa begitu. Padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalami penyakit seperti itu. Istri saya juga bilang baru beberapa hari ini terjadi yang demikian. Makanya saya jadi sangat heran dengan suara gemerutuk gigi saya disaat tidur. Bahkan saya bilang, kalau saya mengadu gigi saya, bangunkan saja agar saya terjaga, agar saya berhenti mengadu rahang saya. Dengan maksud bila saya terbangun dan saya memusatkan pikiran, mungkin saya tak akan melakukannya lagi. Tapi bagaimana mungkin dapat dihentikan. Toh saya melakukannya di luar kesadaran. Suara gemerutuk hampir ada dalam setiap tidurku. Karena itu saya menduga bahwa itu sejenis penyakit jiwa.
Lalu saya mencoba mencari jawabannya di beberapa artikel di Internet. Berbagai pendapat saya baca tentang penerangan bunyi gemeretak gigi ini. Alasan terbanyak yang saya temui, penyakit seperti menguyah sesuatu diwaktu tidur ini adalah disebabkan stress. Dan penyebabnya karena penggunaan otak yang berlebihan pada keseharian penderitanya. Memang masuk akal kalau saya pikir pikir. Kesibukan saya cukup membuat penat setiap hari. Hobby saya menulis, main catur. Semuanya memerlukan pemikiran yang serius. Olah raga cuma dua kali seminggu. Sekali main badminton dan sekali lagi jalan santai. Jika hobby harus dikurangi menjalankannya, tentu akan mengurangi rasa sedapnya kehidupan. Lalu saya ingat bahwa menyatukan pikiran pada yang kuasa adalah suatu pekerjaan yang sangat menenangkan jiwa. Diam seperti melakukan semedi, atau juga duduk bersila dan berzikir bagi yang beragama Islam. Inilah jalan satu satunya untuk menenangkan hati dan mengurangi stress. Jadi inilah salah satu terapi yang saya gunakan untuk mengobati kebiasaan seperti mengergaji gigi dalam tidur yang sudah saya alami hampir seminggu ini. Hasilnya lumayan. Dalam dua hari ini istri saya tidak mendengar keanehan ini lagi. Jika anda menderita broxism, cobalah mengobatinya dgn cara berzikir 15 menit setiap sehabis sholat. Semoga anda lekas sembuh.

Tinggalkan Balasan

