UDARA SEJUK DI PINTU AIR MADINA

Pada tanggal 22 January 2010, kebetulan kami menikmati pagi yang sejuk di Pintu Air dekat Aek Gonting Panyabungan Madina.
Kami ke tempat ini sebagai pengganti liburan. Sebab pada liburan semester ini memang saya tidak punya waktu membawa keluarga mengisi hari hari libur dengan berdarmawisata ke tempat yang lebih jauh. Saya hanya membawa mereka ke tempat wisata yang tak begitu ramai
pengunjungnya. Namanya Pintu Air. Sekitar 5 Km sebelah timur Kota Panyabungan Sumatera Utara.
Di tempat ini biasanya akan kita dapati makanan dengan gulai ikan mas bakar. Rasa ikan mas di daerah ini lebih manis dibandingkan di daerah lain. Mungkin makanan ikan disini lebih alami makanannya dari pada di daerah lain. Apalagi airnya jernih, yang benar benar bermuara asli dari pegunungan. Jika kita menyempatkan diri untuk makan, maka gulai khas restaurant di Pintu Air ini adalah ikan mas dengan cabe dan jeruk nipis sebagai pelengkapnya. Kemudian gulai sayur daun ubi dengan tambahan pete ataupun abo. Bagi sebagian orang, gulai seperti ini rasanya manis dan harum baunya, tapi bagi sebagian yang lain baunya mirip bau jengkol. Cuma ini makanan khas di Pintu Air ini. Selebihnya hanya makanan biasa seperti indomi maupun soto.
Udara disini sangat sejuk dan bersih. Lokasinya dikelilingi persawahan dan perkebunan karet masyarakat. Di pinggir sungai Aek Pohon yang mengalir di sebelah kanan restoran ini didapati banyak pekerja pasir. Ratusan kubik keluar dari tempat ini untuk dibawa ke pusat kota Panyabungan buat bahan bangunan.
Ada yang diangkut dengan mobil gerobak tua, tapi lebih banyak yang diangkut dengan pedati. Yaitu kendaraan tradisionil Mandailing yang diseret lembu atau kerbau.
Kami bermain di pinggir sungai ini sekitar setengah jam. Lalu menikmati makanan di restaurannya, Berphoto beberapa kali dan akhirnya pulang ke rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: