MAKAN DURIAN DI TOBAT BANGE

Durian Mandailing memang sangat enak rasanya. Terutama durian dari Lumban Dolok dan sekitarnya. Durian inilah yang sering kita kenal biasa disebut dengan nama durian Medan. Sebab Lumban Dolok maupun Mandailing terdapat di Sumatera Utara yang ibu kotanya Medan. Hari ini saya bersama keluarga pergi ke arah Bange yang tak jauh lagi dari desa Lumban Dolok Siabu. Kami berhenti di satu tempat yang biasa
difungsikan penduduk setempat menjadì tempat wisata. Nama daerah itu adalah Tobat Bange atau Tobat Botani. Disini kami berhenti sekitar 1 jam. Di pinggir kolam kami memandang dari sebuah dangau, sambil melahap durian yang jadi makanan penarik di lokasi ini. Kami menghabiskan dua biji. Kata pemiliknya, yang satu bernama durian tanaon dan yang satunya durian sisere. Lumayan enak juga duriannya. Tobat Bange ini berjarak sekitar 15 Km dari Panyabungan yang merupakan ibu kota Mandailing natal. Biasanya pada hari lebaran, Tobat atau kolam ini dipenuhi para pengunjung. Apalagi perahu itik selalu tersedia disini pada hari raya. Tapi hari ini yang merupakan hari biasa tentu tidak ada. Kolam hanya berisi ikan piaraan. Meski ada durian dan bahkan rambutan lagi berbuah namun pengunjung tetap tidak ada. Selagi kami berada di tempat itu, tidak ada orang lain yang datang. Begitulah keadaan Tobat Bange hari ini.


Selesai menyantap dua biji durian di siang hari ini, kamipun membeli lagi oleh oleh buat anak anak. Kemudian pulang kembali ke Panyabungan Tempat saya berdomisili.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: