MAIN CATUR DI WARUNG KOPI

Main catur, itu salah satu hobby yang sangat menyenangkan buat saya. Terkadang walau dalam situasi suntukpun saya bisa lebih tenang kalau bermain catur. Biasanya saya bermain catur di warung kopi langganan saya yaitu di pasar jongjong. Tepatnya di depan pangkas Citra. Di warung ini banyak sekali yang doyan main catur. Siapa saja berdatangan ke warung ini. Kadang sampai sampai melalaikan kerja karena saking lamanya bertanding. Tapi kebanyakan orang yang main disini mengerti membagi waktu. Hanya sebagian kecil saja yang tak tahu mengatur waktunya. Memang kalau sudah ketagian main catur, amat susah untuk meninggalkannya. Sampai sampai terkadang kita lupa meminum minuman yang kita pesan karena asyiknya menjalankan catur kita. Di warung tempat saya biasa mangkal ini, ada tiga plat catur. Biasanya ketika papan catur ini selalu dipakai pelanggan. Begitulah kira kira keadaan warung kopi yang biasa saya kunjungi. Pemilik warun ini berna Gullit. Mereka buka sepanjang waktu. Tak tahu apakah mereka pernah tutup. Tiap saya datang selalu buka. Ramai pelanggannya. Dan tentunya bukan semuanya datang karena catur. Ada yang datang karena memang ingin mengopi, ada yang datang karena mau duduk santai dan ada juga yang mau menonton tv dan juga mau mengobrol.
Beginilah keadaan di Mandailing, kedai kopi cukup lancar sebagai mata pencaharian. Di daerah lain mungkin tidak. Seperi di Jakarta misalnya, saya tidak melihat penduduk setempat mengobrol di warung kopi. Kalaupun ada, mereka pasti orang yang berasal dari Mandailing juga. Itulah sekilas cerita tentang catur di warung langganan saya.

Tinggalkan Balasan

