LANJUTAN CERITA TEMAN DARI AMRIK

Lanjuta cerita bertemu teman dari Amerika

Seperti teman saya misalnya. Suatu hari dia merasa kurang enak badan. Lalu dia menemui seorang dokter untuk berobat. Lama konsultasi, akhirnya ia cuma disarankan untuk tidur. Tidak dikasih obat apapun. Kata dokter, dia sakit karena lelah. Tidur saja dulu yang cukup. Nanti juga akan sembuh. Hanya itu yang ia peroleh, ia sudah membayar 2 juta rupiah kalau diuangkan ke uang Indonesia. Wah ngeri sekali biayanya. Memang mengerikan karena mahal. Tapi di Amerika, biasanya siapapun yang mempunyai kerja, umumnya sudah mendapat asuransi kesehatan. Lalu saya tanya bagaimana dengan orang tak mampu? Ia menerangkan, kalau orang tak mampu, sudah jelas jadi tanggung jawab pemerintah. Dan bahkan setelah pemerintahan Barack Obama ini, sudah direncanakan agar semua warga Amerika sudah harus mempunyai ansuransi kesehatan paling lambat tahun 2012 ini. Memang luar biasa perencanaan mereka. Banyak cerita menarik yang saya dapat dari teman saya. Yang seharusnya sudah dicontoh oleh negara kita. Seperti halnya contoh lain seperti susu segar. Di Amerika banyak menjual susu segar di galon. Begitu kita beli dari swalayan, kita membawanya ke rumah dan langsung dimasukkan ke dalam refrigator. Kita meminumnya kapan kita suka. Alangkah segar dan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam minuman itu. Kalau di daerah saya ibu kota Mandailing Natal, belum pernah saya menemukan susu segar diperjual belikan di pasar maupun di swalayan.
Saya hanya melihat susu kotak yang mempunyai bahan pengawet. Yang bahkan bahkan susunya tahan tidak rusak berbulan bulan. Ini yang saya temukan di daerah saya. Memang masyarakat di sekitar saya mungkin tak menyukai susu segar seperti itu. Dan kalaupun suka, memang tak ada yang menjual di pasar.
Hanya kata semoga yang ada di hati saya. Semoga kita sampai pada kemajuan yang cukup modern seperti itu.
Sampai pada tahap yang cukup bersih sehat dan teratur. Parit parit digali dalam tanah jadi seperti terowongan. Tidak ada nampak parit yang membuat bau tak sedap dan kotor. Semua diatur. Lalu kutanyakan bagaimana perkembangan Amrik setelah Obama? Tak akan banyak pertukaran siapapun presidennya. Sebab semua petugas sudah tahu kewajibannya. Semua sudah berjalan seperti berdasar sistem. Ada yang salah, akan ada yang menyeretnya ke pengadilan. Semua menghargai tugasnya.
Semoga tulisan saya ini akan mendorong kita untuk menjadi lebih maju.

Ingin kelengkapan cerita, klik disini

Tinggalkan Balasan

