SIAPA SEBENARNYA SUTAN SORIPADA MULIA

Pernahkah anda mendengar nama Sutan Soripada Mulia?

Siapa dia sebenarnya? Kenapa nama Sutan Soripada Mulia dipakai sebagai nama jalan di kota Panyabungan Mandailing Natal dan juga di Tapanuli Selatan (Tapsel).

Dulu ketika saya masih sekolah di SMA, kebetulan alamat sekolahku juga berada di jalan Sutan Soripada Mulia. Tapi pada waktu itu saya benar benar tidak pernah bertanya walau dalam hati, siapa sebenarnya Sutan Soripada Mulia.

Keingin tahuan ini timbul beberapa minggu yang lalu. Dua puluh satu tahun setelah saya tamat SMA. Ketika kuperhatikan bahwa banyak nama Jalan yang dinamai nama nama seseorang. Yang pasti mereka mereka adalah termasuk putra terbaik Mandailing Natal.

Seperti misalnya:

H. M. Syarif.

Kol. H. Muhammad Nurdin.

Umar Rangkuti.

Abdul Fatah.

Willem Iskander (pahlawan yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Mandailing Natal bahkan seluruh Sumatera Utara.

Keinginan menuliskan ini timbul karena saya merasa ingin sekali bila info info seperti ini mudah didapatkan di Internet. Mudah didapatkan anak anak zaman sekarang tentang info orang orang berjasa di Mandailing. Yang mana nama nama mereka sempat telah diabadikan di banyak nama jalan penting di kota Panyabungan dan Padang Sidempuan. Tapi di halaman ini saya hanya akan membicarakan tentang Sutan Soripada Mulia. Info ini saya dapatkan pada bekas guru SMA saya, yaitu Bapak Rohian Pulungan. Yang mana bapak tersebut sedang menjabat sebagai kepala sekolah SMA ketika saya minimba ilmu di sekolah tersebut.

Sutan Soripada Mulia adalah seorang yang sempat mengecap pendidikan di zaman Belanda. Seperti halnya HIS (Hollandisch Inlandsch School) selama 7 tahun.

HBS (Hogere Burger School) selama 5 tahun.

AMS (Algemeen Metddelbare School).

Yang mana kata bapak Rohian Pulungan tadi biaya untuk sekolah HIS pada masa itu sama dengan harga 100 kaleng padi jaman sekarang. Luar biasa mahalnya. Dari perjalanan sekolahnya ini orang tua Sutan Soripada Mulia ini pasti dari golongan atas pada masa itu. Dia kelahiran Desa Runding kecamatan Panyabungan Barat. Pernah jadi direktur Sekolah Lanjutan Menengah Atas pada zaman setelah Indonesia merdeka. Bahkan pernah menjadi salah seorang anggota DPR untuk tingkat pusat Jakarta. Dia merupakan penggerak pendidikan yang tak terlupakan di Tapsel dan Madina. Makamnya berada di kota Panyabungan Madina. Untuk melengkapi sejarahnya ini, silakan tambahkan di kotak komentar.

1 Response so far »

  1. 1

    af ray said,

    beliau ikut terlibat dalam sejarah perjuangan melawan penjajah belanda di tapsel – madina. anak dari seorang pegawai negri pada jaman belanda yang mempunyai keinginan mengmbangkan pendidikan di tapsel – madina. semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan beliau mengungsi kekampung halamannya di desa runding kabupaten madina. karena pada saat itu daerah padangsidimpuan dikuasai oleh sekutu sementara dia adalah salah satu orang yang disegani di tapsel, tetapi salah seorang putrinya yang saat ini tlah berumur 92 tahun tetap tinggal dipadangsidimpuan untuk bergabung dengan perempuan2 tapsel menentang kembalinya tapsel ke tangan penjajah.
    beliau dimakamkan didaerah pasar hilir panyabungan.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: