INSIDEN TANO TIRIS KECAMATAN SIABU

Benarkah terjadi kerusuhan di Pertambangan PT SORIK MAS MINING yang ada di Tano Tiris pada dua hari lalu?
Benar. Sekitar 300 orang penduduk Huta Godang Muda atau Tano Tiris datang beramai ramai memasuki pertambangan emas PT. SMM. Sebagian fasilitas pertambangan itu dibakar massa.
Kabarnya ada pendemo yang tertembak penjaga keamanan pertambangan itu. Tapi ada juga yang membantah kejadian penembakan itu. Semuanya masih simpang siur. Tapi soal kerusuhan dan pembakaran oleh massa jelas ada. Inilah hasil yang terjadi dengan adanya tambang logam yang amat berharga itu. Tano Tiris adalah desa yang terdapat di Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca infonya di KORAN WASPADA dengan topik Insiden Madina.

1 Response so far »

  1. 1

    pulungan m. Achyar said,

    saya tidak tahu, saya berpihak dimana terkait permaslahan ini.. satu sisi mayrakt anarkis dan tidak mendukung project mining activites di or sihayo ini. memang pertambangan tersebut akan berdampak negative dan positive.tapi menurut sya effect positivenya lebih banyak dibanding dgn effect negativenya. alasannya apa :
    1. dengan hadirnya tambang nantinya akan membuka lowongan kerja
    2. akan meningkatkan perekonomian masyarakat madina
    3. akan meningkatkan PAD pemda madina, pembangunan akan berlanjut bila tidak dikorupsi.
    4. dengan proram CSR perusahaan masyarakat tempatan natinya kan mendapatkan bantuan, namun sebelumnya masyarakat harus membuat suatu MoU dengan perusahaan
    5. masalah pengerusakan lingkungan itu tidak dapt di elakkan sebab yang namnya buka lahan tambang tentu kayu hutan harus di tebang, dan untuk pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh bahan chemical yang digunakan perusahaan tambang nantinya itu dapat di minimalis sebab perushaan punya amdal, dan program HSE (health, safety dan environment) jadi perusahaan tidak semena mena membuang limbah begitu saja ke lingkungan. bilamana program pemerintah sebagai pengawas lingkungan hidup (bapedalda/ departemen lingkungan hidup,dan departement pertambangan) dengan program Proper / melakukan pengawasan secara independent dan tegas maka pencemaran lingkungan sangat kecil kemungkinan kecuali kerusakan hutan akibat perluasan lahan tambang. namun disini si perusahaan bisa saja menggantikan hutan tropis yang mereka tebang di gantikan ketempat lain dengan program regreenisasi / penghijaun, reboisasi / reforestation program.

    menurut sy efek samping dari pertambangan conventional / liar itu lebih berbahaya dari pada pertambangan profesional. disamping mereka /penambang liar belum memahami resiko dan effec samping dari salah satu bahan kimia yang mereka gunakan seperti air raksa, dan merka membuang nya begitu saja ke suangai atau ketanah dan sulit di kontrol oleh pengawas lingkungan hidup.

    untuk diketahui bahwa nilai ambang batas untuk air raksa yang ditoleransi hanyasebesar 0.001 ppm. apabila manusia dan makhluk hidup lainnya kontak dengan limbah air raksa tersebut dapat mengalami penyakit (berbagai penyakit) salah satunya yang berbhaya adala penyakit minamata dan kanker. Air raksa termasuk salah satu logam berat, dengan berat molekul tinggi. Dalam kadar rendah, logam berat ini umumnya sudah beracun bagi tumbuhan dan hewan, termasuk manusia, Logam raksa sangat beracun, menyebabkan kerusakan pada sistem saraf…

    kepada PT. SMM selaku operator tambang lakukan tindakan persuasif untuk mensosialisasikan rencana tambang kedepan, dan rangkul masyarakat lokal dan berikan pengertian yang sama untuk menyatukan persepsi masyarakt dan yang terpenting jangan masyarakt dirugikan ( lakukan program CSR / community depelovment)

    pesan untuk dongan panggalundung:

    Ooo ale dongan sahutakku ulang komu dongan lalat mamikirkon sere i sajo, pikirkon komu do bahaya ni air raksa nadigunaon muyu tu lingkungan boti tu kesehatan ni manusia termasuk homu dongan na manggalundungi . molo air raksa i madung lewat ambang batas (TLV) na ima sakira 0.001 Ppm (part per million) madung marbahaya dei boto tu kesehatan dot tu ekosistem makhluk hidup / lingkungan. panyakit akibat bahan kerja Air raksa on ima goarna panyakit minamata (kelaianan genetik) kanker, tumor , syaraf atau penyakit kulit lainna.

    Pulungan M Achyar


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: