HASIL PEMERIKSAAN PENYAKITKU DENGAN ULTRASONOGRAFI

Hari ini saya kembali lagi ke Rumah Sakit untuk diperiksa dengan alat ultrasonografi. Yaitu alat yang bisa memeriksa penyakit dalam seperti lambung, usus maupun ginjal. Semua ini kujalani untuk melanjutkan perobatan sakit perut yang sudah saya derita selama 32 hari. Hari ini kebetulan tidak ada kendala. Listrik tidak lagi kurang daya seperti 2 minggu lalu. Hari ini tidak dilakukan lagi test darah, air seni, elektrokardiograf maupun test tensi darah. Mungkin dokter spesialis ini melihat bahwa saya sudah lebih sehat dari hari sebelumnya. Dengan senyum ramah, asistentnya menyuruh saya berbaring di ruang periksa. Dokter mengoleskan cairan ke seluruh perutku. Alat USG ia aktifkan. Pendeteksi diletakkan diperutku, di bawah dada, dipindahkan ke arah kiri dan kanan, dipindahkan ke pinggang kiri dan kanan, lalu ke arah ginjal, apakah ada penyakit di ginjal saya. Tak lama kemudian, hasil pemeriksaanpun keluar. Secarik photo hitam putih yang menurut saya itulah gambar lambungku yang sedang diperiksa melalui alat Usg. Dokter mengatakan bahwa usg tidak bisa mendeteksi penyakitku. Tapi ia yakin sakit di perutku terjadi karena ada luka di lambung. Ia berpendapat demikian karena ia menilai saya lebih sehat dari ketika ia mengobati saya tempo hari.
Ia lalu menulis resep obat yang penting untuk saya beli. Tak satupun yang terbaca olehku. Memang obat obatan bukanlah bidangku. Makanya saya tak mampu membaca tulisan dokter itu. Dalam pertemuan ini ia juga tetap menganjurkan Agar saya jangan meminum air panas, jangan mengopi, jangan merokok, jangan makan gorengan, jangan makan sayuran. Terutama yang paling berbahaya buatku adalah minum minuman kaleng. Waduh banyak sekali pantangannya, pikirku dalam hati.
Dalam konsultasi ini ia juga mengatakan bahwa alat yang tersedia di kota kami cuma sampai Usg. Hasil pemeriksaan hanya sampai sebatas ini saja. Dokter spd ini dengan ramah dan sopan mengatakan kalau masih kurang puas dengan pemeriksaan ini, kelanjutannya hanya ada di kota Medan. Tapi dia meyakinkan bahwa obat yang diberinya sudah tepat. Buktinya kesehatan saya sudah mulai pulih dari hari hari sebelumnya. Dia bahkan meyakini ada luka di lambung saya, tapi kepastian semua hanya bisa diperoleh setelah memakai alat Endoscopy yang hanya ada di kota Medan di ibu kota Sumut.
Yah… Semoga sajalah bisa sembuh. Semoga Tuhan mengabulkan do’a do’a hambanya yang penuh harap.

Tinggalkan Balasan

