M. PULUNGAN, SANG PAHLAWAN KEMERDEKAAN DARI MANDAILING NATAL

Middin Pulungan adalah seorang penduduk Huta Dolok kecamatan Huta Bargot Mandailing Natal. Dia termasuk seorang pejuang yang tak takut pada Kompeni Belanda. Dia hidup melewati penjajahan Belanda dan penjajahan Jepang terhadap Indonesia. Dan meninggal beberapa tahun setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.
Pekerjaan sehari hari Middin Pulungan adalah sebagai pengusaha pengolah padi dengan menggunakan kincir air. Ia mengolah padi, menumbuknya menjadi beras dengan menggunakan tenaga air.
Kiprahnya di dunia politik adalah dengan menunggangi PNI atau Partai Nasional Indonesia. Pada saat itu ia memang satu jalur dengan Presiden Indonesia pertama yakni Ir. Sukarno.
Kendala kendala yang ia hadapi tentu selalu intimidasi dari kaum penjajah. Tapi ia tetap tak pernah gentar. Ia merupakan kader PNI yang cukup pemberani dan tak pernah gentar. Banyak orang yang tahu tentang keberanian Middin Pulungan ini. Banyak pejuang yang jadi makin berani karena kegalakan Middin ini. Bahkan para pejuang pejuang kemerdekaan di Mandailingpun segan padanya, hormat padanya, dan juga patuh padanya. Bahkan bahkan pada hari kematiannya beberapa tahun setelah Indonesia merdeka, banyak warga mengiringi jenazahnya. Anak anak sekolah banyak yang melayat. Kota Panyabungan yang merupakan ibukota kecamatan pada waktu itu ikut berkabung. Semua warga yang sudah berumur lebih dari 60 tahun di Panyabungan mengetahui tentang Midin Pulungan ini.
Meski Republik Indonesia tidak pernah mengenalnya. Tapi Middin Pulungan termasuk putra terbaik Madina Sumatera Utara. Dia merupakan pejuang Mandailing. Dia merupakan Pahlawan Mandailing Natal yang tak sempat tercatat namanya di buku catatan sejarah. Semoga arwahnya diterima yang kuasa. Semoga masyarakat Madina yang sekarang turut mendoakannya. Sebab dia termasuk seorang berjasa di Tanah Mandailing Godang dalam hal pengusiran penjajahan Belanda. Dia termasuk pejuang bangsa. Dan saya mengharapkan namanya dituliskan sebagai pahlawan kemerdekaan Indonesia dari Mandailing Natal.
Motto: Bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

1 Response so far »

  1. 1

    Saya baru tahu ada pahlawan bernama M. Pulungan. Saya yakin sangat banyak pahlawan yang dilupakan oleh bangsa kita !


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: