CATATAN PERJALANAN KE BANTEN

Pada tanggal 16 Oktober 2010, kebetulan saya berada di Jakarta dalam rangka menghadiri pesta pernikahan kemenakanku Saparudin Saleh Tanjung. Saya dan kakakku datang sebagai perwakilan dari saudara yang lainnya dari Tanah Batak dalam menghadiri pesta perkawinan kemenakanku ini. Sesampai di Jakarta, keesokan harinya kami sudah langsung berangkat menuju Banten buat menghadiri pesta perkawinan kemenakan saya tadi. Berikut kutuliskan route perjalanan kami agar saya selalu ingat kenangan ini.

Begitu mobil kami hampir keluar dari Tol setelah tadi masuk dari Jakarta dan kini telah berada di Serang, nampaklah plang merk Ciujung. Kemudian belok kiri ke Jalan raya Ciruas atau Pasar Ciruas. Tiba di Pasar Ciruas lalu belok kiri lagi.

20 km kemudian sampai ke galon Pertamina yang ada di sebelah kiri jalan yang kami lalui. Perjalanan terus kami telusuri melalui jalan raya Petir. Bila ada plang merk, lurus saja ke Cidasari sampai tiba di pasar Petir di Jalan Raya Tunjung. Tak lama kemudian tiba di Mesjid Al Makmur. Lewat dari Pasar Petir, lurus saja terus.

Tiba di mesjid Al Kautsar lalu belok kiri. Dikirinya warung rokok di kanannya kebun pisang. Dari simpang ini hanya berjarak 500 M menuju rumah mertua Sapar. Sampai di sebuah mesjid dengan kramik hijau, itulah rumah pesta. Yaitu di desa Wadas Kubang Kelurahan Sinam Sari Kecamatan Petir kabupaten Serang Propinsi Banten.

Di pesta ini saya mendapat pengalaman yang baru tentang tata cara perkawinan di Banten.

Saya melihat betapa banyaknya perbedaam adat di Banten dengan di Sumatera Utara. Tapi kemenakan saya yang berdarah Batak telah berjodoh dengan gadis Sunda atau Mojang Priangan dari Banten ini. Meski banyak perbedaan, tapi sudah sesuai antara keduanya. Karena itu perkawinan mereka terlaksana.

Tak begitu panjang lebar kuceritakan tentang pesta pernikahan ini. Sebab halaman ini hanya merupakan buku harian saya. Agar saya punya catatan kapan hari pernikahan Sapar, agar saya punya catatan perjalanan saya ke Banten. Catatan tentang perjalanan hidup yang mungkin saja berguna nantinya.

Sekian saya tulisan ini.

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Amar Lubai said,

    Catatan perjalanan ini cukup bagus…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: