POKEN BANTE

Poken Bante adalah istilah bahasa Mandailing yang artinya: Pekan Daging. Poken artinya pekan, sedangkan bante artinya daging. Karena kebiasaan penduduk mandailing yang membeli daging buat jadi gulai di hari lebaran atau hari raya
Idul Fitri, karena itu hari menjelang hari lebaran atau hari paling ramai jual beli daging menjelang hari raya dinamakan Poken Bante. Memang cukup melonjak meningkatnya penjualan daging menjelang hari raya dan juga menjelang bulan puasa Ramadhan. Seperti tahun 2009 yang lalu, tercatat 45 ekor lembu dan kerbau yang dipotong dan diperjual belikan di pasar baru Panyabungan. Sedangkan menjelang Ramadhan tahun 2010 ini hanya mencapai 44 ekor saja.
Pada poken bante tahun lalu: ada 85 ekor kerbau yang dipotong di pasar Panyabungan, sedang di kecamatan lain yang masih termasuk daerah Mandailing Natal mencapai 45 ekor. Padahal pada hari hari biasa, lembu yang dipotong dan diperjual belikan di Panyabungan hanya mencapai 2 sampai 3 ekor. Begitulah meningkatnya penjualan daging kerbau dan lembu menjelang bulan puasa dan menjelang lebaran di Panyabungan Madina.
Jadi bagaimana penjualan daging kerbau dan lembu pada poken bante lebaran 2010 ini, meningkatkah atau menurun?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: