BAGAIMANA SEHARUSNYA BILA MENGUNDURKAN DIRI

Yang mesti diingat oleh si pencari kerja.

Ide untuk menuliskan thema seperti ini terlintas karena ada anggotaku yang mengundurkan diri dari salah satu usahaku. Ditambah lagi kejadian seperti ini terjadi pada perusahaan salah satu temanku.
Dalam cerita ini, tak perlu kutuliskan siapa nama anggota yang akan kubicarakan. Sebab saya tidak bermaksud menjelekkan orang tersebut. Saya hanya berharap agar ini menjadi bahan pemikiran buat para pembaca.
Ada satu usaha yang kurintis sejak 5 tahun lalu. Dari hari ketiga usaha tersebut dibuka, dialah yang menangani usaha ini. Susah senang ia hadapi. Demi mencukupi keperluan hidup. Lalu atas usaha dan pengharapan semua, usaha itu berkembang. Hingga hari ini masih tetap dalam ukuran lumayan. Tapi yang saya sesalkan dalam anggotaku itu, belakangan ini dia nampak sering bolos kerja. Sampai sampai wakilnya jadi sakit sakitan karena capeknya. Saya tak memecatnya karena mengingat jasanya selama ini. Lalu tiba tiba ia minta berhenti tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Sehingga usaha itu membuat kepala saya jadi sedikit membuat pusing. Bayangkan saja, nakhodanya spontan diganti dengan yang belum pandai dan belum berpengalaman. Tentu kapal akan berlayar tak seperti biasanya lagi. Tapi inilah yang tidak dipikirkan anggota saya. Dia dengan mudahnya mengundurkan diri setelah uangnya terkumpul dan setelah ia melihat pekerjaan yang lebih baik. Tapi alangkah baiknya budi pekertinya bila ia memberi tahu tentang semua ini jauh hari sebelumnya. Jika ia memberi tahu, maka akan dicari penggantinya, Akan diajari dan dibina ia sebagus bagusnya. Sehingga kalau anggota saya yang lama berhenti, maka tugasnya akan bisa dilanjutkan penggantinya. Tapi dia memberi tahu 3 hari sebelum ia berhenti. Ini salah satu yang mumbuat saya tidak lagi merasa senang padanya. Karena ia hanya membuat keputusan atas atas pikirannya sendiri. Dia tak lagi memikirkan bahwa usaha itulah yang menghidupinya selama ini. Sipat seperti ini kurang bagus jika kita pikirkan. Ini salah satu cara terbaik apabila kita mau mengundurkan diri dari satu perusahaan.

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Jabon said,

    setuju dengan pendapat anda,, lam kenal dari petani jabon

  2. 2

    mode20100 said,

    A+ would read again


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: