BILA INGIN MELIHAT RUSA DI MANDAILING

Tulisan yang beguna bagi yang ingin melihat rusa di Panyabungan.
Rusa (Deer) atau dalam bahasa latinnya Cervus Timorensis, rupanya ada ditemukan di satu tempat di Pinango yaitu antara Titi Kuning Dalan Lidang dan desa Saba Jior Huta Baringin, Madailing Natal.
Keberadaan hewan rusa ini saya ketahui ketika saya pergi bersama teman bisnisku Darwin ke satu Pantai tempat pengambilan batu dan pasir di pinggiran aliran sungai Batang Gadis atau Aek Godang.
Mulanya memang ada dua kenderaan yang sedang berhenti. Sementara pemilik kenderaan dan anak anaknya berada rapat ke dekat satu pagar aluminium yang ada di pinggir jalan Pinango itu. Teman saya Darwin terus memberi tahu bahwa dalam pagar itu ternyata ada dipelihara hewan rusa. Kata teman bisnisku ada 17 ekor. Waduh banyak sekali rusa piaraannya. Tapi karena sedang menjalankan tugas, kami tak bisa berhenti ditempat itu. Namun begitu rusanya kelihatan juga di balik pagar putih yang kelihatan sangat bagus itu.
Keesokan harinya, yaitu hari ini, akhirnya saya pergi ke lokasi rusa itu bersama istri dan anak bungsu saya. Bagus juga bila ada rusa untuk diperlihatkan pada anak anak. Memang bagi anak saya, melihat rusa bukanlah kali pertama baginya. Saya sudah pernah membawanya melihat rusa dan satwa lainnya di Kebun Binatang Medan dan Bukit Tinggi Sumbar. Tapi untuk kesana bukan sesuatu yang mudah. Saya sendiri terakhir memperlihatkan rusa pada anak saya sudah 2 tahun berlalu. Dan kali ini ternyata ada pula hewan rusa di Mandailing Natal. Sangat bagus diperlihatkan pada anak anak muda yang belum pernah melihatnya.
Bila anda ingin kesana, lokasinya ada di Pinango, tak jauh dari kampus STAIM Panyabungan.
Tapi ada perbedaan sebelum dan setelah saya mengunjungi lokasi tempat rusa itu. Ternyata jumlahnya bukan 17 ekor. Tapi hanya 3 ekor.
Tapi begitupun cukup menarik membawa anak anak bermain dan jalan sore sore ke buat refreshing. Sebab lokasi disini masih sangat hijau sekali.

Maaf kalau tulisan saya teramat singkat.

Tinggalkan Balasan

