BAGAIMANA BILA KAWIN SIRI DIPERKETAT

Pendapat saya mengenai nikah siri.
Belakangan ini ada berita dan rencana negara yang melarang adanya nikah siri. Nikah siri adalah pernikahan yang dilakukan tanpa dilaporkan kepada pejabat agama yang resmi. Contohnya hanya dilakukan kerabat mempelai wanita dan kerabat mempelai laki laki. Biasanya keadaan ini terjadi karena beberapa sebab: umpamanya karena ketiadaan biaya, karena alasan agar tidak banyak yang tahu, karena tidak tuntasnya mendapatkan surat cerai dengan pasangan sebelumnya, dan juga istri yang akan dinikahi merupakan istri simpanan.
Belakangan ini negara telah merencanakan agar kawin siri dilarang oleh negara. Siapa yang melakukannya tanpa melaporkannya pada negara, maka akan terjerat hukum pidana. Meski agama memperbolehkan, tapi negara sudah merencanakan untuk melarang perkawinan dengan cara seperti ini. Bagaimana pendapat saya tentang pelarangan kawin siri ini?
Menurut saya sebagai seorang yang bukan poligamy, sebenarnya hanya akan mempersulit laki laki dan perempuan untuk menikah. Saya melihat bagaimana susahnya bagi seorang perempuan untuk mendapatkan suami. Kadang mereka bersedia dimadu, kadang bersedia menjadi istri simpanan asalkan perkawinan mereka halal dan ia mendapat laki laki sebagai pelindung. Jika perkawinan siri harus dilaporkan, jika terjadi perkawinan siri dan mesti masuk penjara, mungkin para laki laki tidak akan bersedia untuk nikah siri.
Akibatnya akan semakin ramailah perempuan yang menjanda dan yang paling ditakutkan, akan semakin meningkatlah perzinahan. Tapi entahlah bukan seperti yang saya duga yang akan terjadi. Semoga saja akan berdampak positif bila peraturan yang wajib lapor kawin siri harus disyahkan. Memang akan sangat beruntunglah perempuan perempuan yang telah mendapatkan suami. Lalu bagaimana bagi yang belum mendapatkannya. Ada type perempuan yang hanya mendapatkan laki laki yang bersedia menjadikannya sebagai istri simpanan. Entah bagaimana nasib mereka nantinya. Tapi semoga segala sesuatunya berdampak positif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: