AGAMA MENURUT TOURIST ATHEIST

Dari sejak saya mulai belajar komunikasi dengan bule, saya sering menanyakan agama yang dianut lawan bicara saya. Pada waktu saya sedang rajin rajinnya mengobrol dengan orang barat yaitu sekitar 18 tahun yang lalu, saya sering bertanya tentang agama pada tourist yang datang berkunjung ke Indonesia. 90 persen yang sudah saya tanya, mereka mengatakan bahwa mereka beragama Kristen dan 10 persennya tidak mempunyai agama. Kemudian dari 90 persen yang saya tanya diantara yang mempunyai agama, ternyata hanya 30 persen yang percaya Tuhan. Dan 70 persennya adalah Atheist. Saya benar benar heran. Kenapa dia punya agama padahal dia tidak percaya Tuhan? Segolongan yang saya tanya adalah para pelancong ke Nusantara. Lalu karena kebingungan ini, akhirnya saya mencari lebih jauh. Mereka menjawab bahwa mereka tidak menemukan masalah yang logika dalam agama mereka. Bahkan banyak diantara mereka yang mengatakan bahwa mereka mengakui suatu agama hanya karena organisasi. Bila ada kemalangan, mereka butuh pekerja kubur dan juga pendeta, sebab itu mereka memeluk satu agama meskipun mereka tak mempercayainya.
Dari beberapa bule yang lain yang saya tanya, mereka malah mengatakan bahwa sebenarnya agama itu tidak datang dari Pencipta Alam. Tapi agama itu ada karena 3 sebab. Antara lain:
1. Raja pada zaman dahulu menginginkan agar rakyatnya mudah dipimpin, sebab itu agama dibuat sebagai cara menguasai rakyat. Agama mengatakan jika berkelakuan baik, maka akan masuk sorga, jika bejat maka akan masuk neraka.
2. Karena organisasi. Manusia perlu tolong menolong. Sebab itulah lahir agama. Dan sebab itulah bule seperti yang saya ceritakan menganut agama pilihannya.
3. Karena uang.
Agama merupakan cara mendapatkan uang. Bila ada yang akan menikah, maka pejabat agama akan mendapat uang. Bila akan belajar agama, pengajarnya akan digaji. Itulah kira kira jawaban yang saya peroleh dari para tourist yang kebanyakan tidak percaya Tuhan. Mulanya saya sebagai seorang Muslim juga sedikit terhanyut. Tapi setelah saya mempelajari perbandingan agama, membahas mana agama logika, akhirnya saya tetap percaya agama dan Tuhan karena agama Islam memang sangat logika.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    cenklunq said,

    ente blg da wa2ncara ma bule tp jwban mereka ente blng kira2,gmna mksdnya.mslh islam itu agama yg bs diterima logika,ya itu gak masalah,ente emang umat yg mbaik..thanks artikelnya bro

  2. 2

    lebih manstaf klo didukung sama sumber yg asli….


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

