Para calon menteri masih bisa berubah

Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telahh memanggil 30 calon menterinya semenjak Sabtu-Minggu (17-18/10), di kediaman pribadinya Puri Cikeas, Bogor. Namun menurut Susilo, semuanya masih bisa berubah hingga tanggal 21 Oktober atau sehari sebelum pelantikan anggota kabinet, yakni 22 Oktober 2009. Sesuai rencana, ia akan mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II pada 21 Oktober.
“Ini kan uji seleksi, kita lihat masih ada besok, tanggal 20 dan 21. Jadi masih ada tiga hari,” Begitu kata SBY kepada wartawan menjawab pertanyaan pertanyaan wartawan mengenai kepastian para calon menteri, termasuk posisinya masing-masing, di Cikeas, Bogor, pada Minggu (sore).
Menurut dia, proses wawancara para calon menteri yang semuanya berjumlah 34 calon, belum akan selesai pada hari Minggu nanti, meski sudah dimulai sejak Sabtu (17/10).
“Besok (Senin), masih ada gelombang yang terakhir,” kata SBY seraya menegaskan bahwa calon yang dipanggil adalah calon menteri, serta pejabat-pejabat utama menteri seperti Kepala BKPM.
Belum adanya masalah kepastian pos masing-masing calon menteri, ada spekulasi yang menghubungkannya dengan keputusan PDIP, apakah akan bergabung di pemerintahanya dengan mengajukan calon menteri atau beroposisi seperti Gerindra dan Hanura.
SBY sendiri tidak bersedia menjawab pertanyaan wartawan terkait rencana pemanggilan calon menteri dari PDIP. Menurut Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini, pertanyaan itu seharusnya disampaikan kepada pihak PDIP sendiri. “Kok nanya ke saya, nanya ke PDIP,” katanya.
Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng menegaskan bahwa pembentukan KIB jilid II tidak akan menunggu keputusan PDIP. Pasalnya, penyusunan kabinet sudah terjadwal, termasuk pengumuman dan pelantikannya.
“Ibarat kereta yang mau berangkat, tidak mungkin menunggu penumpang yang masih berkemas-kemas,” Begitu kata Andi.
Meski begitu, calon kuat Menteri Negara Pemuda dan Olahraga ini enggan mempertegas akan meninggalkan PDIP dalam penyusunan kabinet. Karena, kata dia, pada 20 Oktober, kabinet harus sudah terbentuk. “Penumpang harus sudah jelas,” katanya.
Sudah 30 Menteri
Sementara itu, SBY sudah memanggil 30 calon menterinya. Pada Minggu kemarin, ada 14 calon menteri yang diwawancarai SBY bersama wapres terpilih Boediono. Mereka adalah
Ke-14 calon menteri KIB jilid II itu adalah
Djoko Kirmanto (Menter PU),
Darwin Zahedy Saleh (Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Ekonomi),
MS Hidayat (Ketua Kadin Indonesia),
Gusti Muhammad Hatta (Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat),
Suharna Surapranata (Ketua Majelis Pertimbangan PKS)
Linda Agum Gumelar (Ketua Kowani),
Patrialis Akbar (politisi PAN),
Nila Djuwita Moeloek, Gita Wirjawan (Komisaris Pertamina).
Zulkifli Hasan (Seekjen PAN),
Helmy Faisal Zaini (Wakil Sekjen PKB),
Mustofa Abubakar (Dirut Bulog,)
Soharso Monoarfa (politisi PPP),
EE Mangindaan (politisi Partai Demokrat).
Audisi calon menteri akan berlanjut hari ini (Senin). Menurut Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng, audisi dimulai pukul 13.00 WIB, setelah SBY menghadiri pelantikan anggota BPK.
Jumlah calon menteri yang akan dipanggil lebih sedikit dibanding pada Sabtu dan Minggu. Pos-pos tersebut adalah Menlu, Menhan, Mentan, Menhub, Menteri Kelautan dan Perikanan, Kepala Bappenas, dan Jaksa Agung.
Andi tidak bersedia menyebutkan soal siapa nama-nama calon menteri yang akan dipanggil hari ini. “Yang jelas, proses fit and proper test akan berakhir besok. “Semuanya pokoknya sisanya besok harus diselesaikan. Sebab lusa kan sudah pelantikan presiden, harus ada persiapan,” tandasnya.
Informasi yang dikumpulkan menyebutkan, kemungkinan Menlu akan dijabat oleh Marty Natalegawa, Menhan oleh Agus Widjojo, Menhub oleh Jusman Syafii Djamal, Menteri Kelautan dan Perikanan oleh Freddy Numberi, Kepala Bappenas oleh Purnomo Yusgiantoro, dan Jaksa Agung oleh Marwan Effendy.
Dikutip dari:
http://www.medanbisnisonline.com/2009/10/19/pos-calon-menteri-bisa-berubah/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: