Mengapa listrik sering off dan on?

Saya benar benar heran kenapa begitu seringnya lampu mati pada hari kemarin. Selagi asyik main computer, tiba tiba listrik mati. Hanya berselang satu menit, kemudian listrik menyala lagi. Kuhidupkan lagi computer, tapi ternyata saya sudah harus mulai dari awal lagi. Sangat melelahkan jadinya.
Hanya sekitar 10 menit sesudahnya, lalu lampu listrik padam lagi. Computerku mati lagi secara tak sempurna alias tidak di shut down atau di turn off. Benar benar saya berprasangka buruk pada saat itu. Apalagi kalau lampu mati, waktunya hanya sekitar 1 atau 2 menit. Saya menduga bahwa pemadaman itu disengaja. Bagaimana mungkin listrik bisa padam dan hidup lagi sesudahnya. Tentu itu karena disengaja. Begitulah menrut logika saya. Tapi keesokan harinya, ketika saya bertemu dengan seorang pegawai PLN, kutanya kenapa demikian. Pegawai itu menjawab bahwa padamnya listrik itu karena ada gangguan, umpamanya korsleting, kayu tumbang, ada kebakaran di daerah lain. Sementera hidupnya listrik beberapa menit kemudian, itu terjadi secara automatic. Begitu skring yang satu terputus karena adanya satu gangguan, lalu skring yang satu terus berfungsi untuk menghidupkan listrik di daerah lain yang tidak punya masalah gangguan. Itulah rupanya alasan mengapa lampu mati dan kenapa hidup lagi. Dengan adanya praduga tak baik tadi, kini saya jadi mau tahu dan setelah jawabannya kuperoleh ternyata matinya listrik karena tak disengaja, serta hidupnya kembali karena canggihnya peralatan listrik saat ini. Jadi karena adanya skriog pengganti tadi, itulah sebabnya listrik bisa hidup lagi secara otomatis. Tanpa alat canggih seperti itu, semua daerah akan mengalami padamnya listrik karena satu daerah. Tapi sekarang itulah salah satu kemajuan technologi perlistrikan. Itulah kira kira pengalaman yang saya bagi buat anda anda yang belum tahu.

Pemilik blog ini adalah penulis buku 40 Hari Di Tanah Suci.
Ingin lihat profil penulis: Klik disini
Penulis buku ini juga doyan main internetan. Bila anda ingin mencoba punya gaji dari Internet, ikutlah dengan vinefire. Tuliskan alamat email anda setelah mengklik iklan di bawah ini. Silakan mencoba.

Join Vinefire!

Tinggalkan Balasan

