Salah Satu Cara Agar Anak-anak Rajin Belajar Di Rumah

Halaman ini hanya merupakan halaman pribadi saya. Yaitu halaman pribadi yang boleh dibaca oleh siapapun yang berminat untukmembacanya. Kebetulan hari ini saya menyengaja untuk menuliskan bagaimana saya mengatur anak anak untuk belajar di rumah. Barang kali akan berguna bagi sebagian orang yang sibuk dalam kerjanya sehingga lupa mengurus anak anaknya di rumah.

Pada setiap malam sehabis sholat Magrib, saya selalu menyengaja untuk tidak keluar rumah. Ini dengan maksud agar anak anak bisa saya control. Sehabis sholat Magrib biasanya anak anak saya akan saya suruh untuk mengaji Al Qur’an. Semua anak saya mulai yang sudah duduk di bangku SMA hingga yang sekarang masih duduk di kelas 3 SD. Waktu mengaji mereka hanya sekitar 15 menit sampai setengah jam. Semua tergantung situasi dan tergantung apakah mereka lelah karena belajar di sekolah pada siang harinya.

Sehabis mengaji, mereka akan saya suruh membaca buku masing masing, mengerjakan PR, dan ada yang langsung menghafal pelajaran pelajaran yang penting bagi mereka. Kadang pelajaran Matematika, kadang Fisika dan kadang yang lain. Kegiatan belajar ini akan saya jaga hingga jam 9.30 malam. Sesudahnya terserah mereka, ada yang tetap asyik membaca bukunya karena tanggung belum selesai, dan ada juga yang langsung berhenti karena sudah merasa capek. Cara yang saya lalukan ini sudah saya lakukan selama satu tahun. Saya menjaganya agar anak anak terbiasa belajar. Bagi anak yang rajin, memang tanpa disuruhpun akan tetap belajar, tapi tentu anak anak tidak akan sama perangainya. Ada yang malas dan ada yang rajin. Jadi harus dipaksa agar mereka semua menjadi terbiasa belajar pada malam hari.

Sehabis belajar, terkadang saya masih mengajak mereka berdialog dengan bahasa Inggeris agar mereka tetap terbiasa berbicara dengan bahasa Inggeris. Agar mereka tidak lupa dengan English mereka dan tetap lancar seperti sebelumnya. Inilah yang saya lakukan belakangan ini. Semoga dengan adanya tulisan saya ini, dan dengan adanya yang berminat membaca halaman ini, akan nada nantinya yang menerapkan yang saya lakukan agar anak anak menjadi lebih pintar dan lebih terkontrol.

Saya pernah ngobrol dengan sahabatku yang sekarang masih tinggal di Amerika, katanya kegiatan belajar pada anak anak memang harus dipaksa. Sama halnya dengan melakukan sholat. Kita harus memaksanya. Jika sudah dipaksa melakukannya sekian lama, maka suatu saat mereka akan terbiasa belajar dan susah untuk merubahnya. Siapapun pasti tahu kalau banyak membaca pasti akan bayak manfaaatnya. Jadi kita harus memaksa anak anak belajar dan sholat agar menjadi kebiasaan pada anak anak. Agar mereka lebih pintar. Agar mereka lebih tinggi nilainya di sekolah. Bila sudah tamat dari sekolah,agar nilainya lebih bagus dan lebih mudah melanjutkan study mereka kemana mereka suka. Kita hanya berusaha. Semua ini memang nantinya Tuhanlah yang menetukan. Tapi kita harus menerapkan cara yang beginian. Agar kita nanti tidak kasihan pada anak kita bila tak bisa melanjutkan studynya ke sekolah yang ia inginkan. Karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Sekian dari saya. Semoga berguna buat anda.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

