PERLUKAH NPWP BAGI ISTRI ANDA BILA AKAN KE SINGAPURA

Apa yang anda ketahui tentang kegunaan NPWP (Nomor Wajib Pajak Perseorangan) bila akan bepergian ke luar negeri seperti Singapore, Malaysia, Amerika Serikat atau negara lainnya? Banyak pendapat akan terlahir atas jawaban ini. Banyak jawaban berbeda tapi semuanya benar. Sebagai contoh seseorang harus membayar 2 juta ketika akan ke Luar Negeri karena tidak punya NPWP.
Di lain keluarga ada juga yang pergi. Si ayah punya NPWP, tapi si istri dan anak tidak punya. Jadi mendenda lagi 2 X 2 juta sehingga membayar lagì 4 juta.
Di keluarga lain yang pergi, ternyata mereka semua sekeluarga sudah punya NPWP. Jadi tidak ada halangan melewati batas wilayah RI untuk masuk ke negara lain.
Jadi benarkah semua ini telah terjadi? Benar.
Tapi mesti kita tahu bahwa NPWP hanya ada satu dalam keluarga. Jika si ayah sudah punya, jadi istri dan anak tak perlu punya NPWP lagi. Sayapun heran kenapa ada banyak istri yang sudah punya NPWP sementara saya bagi istri saya tidak diberikan.
Saya meminta nomor NPWP istri saya dengan alasan saya dan keluarga akan pergi ke Singapura. Tapi pekerja kantor penyuluhan itu hanya memberi saya penerangan. Istri dan anak adalah tanggungan suami. Jadi NPWP suami sudah cukup jadi NPWP sekeluarga. Lalu saya nenanyakan, Kenapa salah seorang dari teman saya yang akan pergi ke Thailand mesti harus membayar 2 juta karena ketiadaan NPWP ini.
Dia lalu menerangkan: Dalam keberangkatan ke Singapore nanti, saya seharusnya membawa Kartu Keluarga. Sebab jika ada pemeriksaan NPWP ini, kita akan menunjukkan Kartu Keluarga sebagai barang bukti bahwa istri dan anak anak kita merupakan tanggungan sendiri. Jadi jika Kartu Keluarga ini ada pada kita, maka fungsi NPWP pun akan berguna bagi anak dan istri kita. Sekian dulu tulisan yang sangat sederhana ini. Semoga berguna buat anda.

1 Tanggapan so far »

  1. 1

    Lol. Okay, probably fair to say that was not the greatest group of ideas I have ever seen on the subject. Not sure why you might be receiving a great number of optimistic remarks.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

